5 Alat Elektronik Murah Untuk Memudahkan Pekerjaan Rumah

5 Alat Elektronik Murah Untuk Memudahkan Pekerjaan Rumah

Mungkin banyak dari orang-orang yang masih menganggap pekerjaan rumah ialah hal yang enteng dan mudah dikerjakan. Padahal ngga semudah itu, apalagi bunda-bunda yang merasakan. Tapi di jaman yang sudah serba canggih ini, bunda sudah bisa loh menggunakan alat elektronik canggih untuk memudahkan pekerjaan rumah dengan harga yang murah dan affordable. Mau tahu apa saja? 

Yuk simak rekomendasi alat elektronik murah dan canggih berikut ini:

1. Setrika Uap Bikin Baju Anda Lebih Cepat Rapi Tanpa Effort Berlebih

Tak bisa dipungkiri bahwa menyetrika ialah pekerjaan rumah tangga yang memerlukan banyak waktu, karena dianggap perlu tenaga dan kesabaran berlebih. Tapi sekarang, bunda tak perlu khawatir lagi karena ada setrika uap yang mampu merapikan pakaian anda lebih cepat. Sekaligus bisa menghemat waktu bunda loh. Dan perlu bunda ketahui, selain bisa merapikan pakaian lebih cepat, setrika uap ini dilengkapi dengan uap panas yang dapat mensterilkan pakaian. Praktis banget pula, tidak perlu meja setrika (hanya perlu digantung pada hanger), hemat waktu, dan bebas repot.

Harga setrika uap sendiri sangat ramah dikantong. Bunda bisa membelinya di berbagai marketplace favorit bunda, dengan harga mulai 100 ribu an saja hingga 1 juta rupiah. Bisa banget kan menyesuaikan budget keluarga bunda.

2. Sepatu Lebih Cepat Kering dan Steril dengan Shoe Dryer

Sadar atau tidak kalau setiap nyuci sepatu, pasti keringnya lama dan butuh dijemur dibawah terik matahari yang paling terik biar cepat kering, ya nggak sih?. Belum lagi kalau tiba-tiba hujan, wah basah lagi deh. Untungnya ada alat elektronik kekinian yang bisa memudahkan pekerjaan rumah tangga bunda di rumah, Shoe Dryer bisa banget mengatasi keresahan bunda.

Anda bisa gunakan Shoes Dryer ini untuk mengeringkan sepatu, sarung tangan, helm, kaos kaki, dan barang-barang lainnya. Jadi sepatu yang sudah dicuci kering tinggal dipasangkan ke shoes dryer ini dan tinggal menunggu kering. Tapi apabila tidak ingin menunggu, bunda bisa beli Shoes Dryer yang dilengkapi dengan timer knob otomatis sehingga tidak perlu menunggu hingga kering karena dapat berhenti otomatis dan sangat aman tanpa takut sepatu anda terbakar.

Tentunya bunda bisa temukan Shoes Dryer ini di marketplace dengan harga mulai 150 ribu hingga 500 ribu saja. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan bunda yah.

3. Spin Mop : Mengepel Lebih Hemat Tenaga



Siapa nih bunda yang masih mengepel menggunakan kain pel?, selain bikin punggung bunda pegel karena harus bolak-balik memeras air dari kain pel juga beresnya lama banget kan yang pastinya bakal menyita waktu bunda.

Namun, sekarang bunda bisa menggunakan alat rumah tangga yang bisa membantu bunda mengepel lebih cepat dan bersih tanpa harus mengotori tangan bunda loh. Nah, bunda cukup mengisi air kedalam ember yang disediakan oleh Spin Mop dan bunda hanya perlu menekan tongkat Spin Mop maka alat didalam ember akan berputar yang dapat membersihkan sekaligus memeras air. Praktis banget bukan?

Harga Spin Mop ini juga amat sangat terjangkau loh bunda, mulai dari 60 ribu saja hingga 300 ribu an sesuai dengan merk yang akan bunda pilih.

4. Mesin Cuci Portable : Mencuci Simple dan Hemat Tempat

Telapak tangan menjadi kasar dan terkelupas setelah mencuci pakaian karena sensitif dengan detergen pasti bikin bunda sedih ngga sih?. Hey, bunda tak perlu khawatirkan hal itu lagi. Mesin cuci portable bisa banget menjadi solusi dari permasalahan bunda loh. Selain bisa menghemat waktu bunda agar bisa lebih banyak waktu mengerjakan pekerjaan lain dan mengurus anak. Mesin cuci portable juga sangat menghemat tempat loh, apalagi bunda yang memiliki rumah dengan konsep minimalis pasti amat sangat terbantu dengan ukuran minimalisnya mesin cuci portable ini.

Super praktis banget kan?, bisa menghemat waktu, hemat tempat, sudah ada pengeringnya juga, bunda hanya tinggal jemur saja deh. Harganya pun cukup aman dikantong, mulai dari 600 ribu hingga 1 juta rupiah.

5. Lantai Bersih Seketika dengan Vacum Cleaner

Bunda sering merasa lelah nggak sih, kalau setiap pagi harus nyapu lantai mengitari seluruh rumah. Belum lagi pas lagi nyapu eh ada anak-anak yang lewat dan bikin kotor lagi, kan jadinya bunda harus kerja 2 kali. Eitss jangan cemas bunda, ada alat elektronik canggih yang bisa memudahkan pekerjaan rumah bunda, dengan menggunakan Vacum Cleaner, bunda tidak perlu lagi capek-capek. Karna Vacum Cleaner ini bisa membantu bunda membersihkan debu-debu dilantai hingga bersih loh.

Vacum Cleaner sendiri ada 2 jenis loh, ada Roboot Vacum Cleaner yang bisa berjalan sendiri mengitari lantai seluruh rumah. Juga ada Handheld Vacum Cleaner yang memiliki pegangan yang bisa kita atur sendiri ketika ingin membersihkan bagian-bagian tertentu. Handheld Vacum Cleaner juga memiliki 2 jenis pegangan, yaitu pegangan panjang untuk membersihkan lantai dan pegangan pendek untuk membersihkan meja, kursi, sofa, kasur, dan lainnya. 

Harganya pun bervariasi dan terjangkau banget loh bunda, mulai dari 100 ribu hingga 1 juta keatas. Worth it kan?

 

Cara Menabung yang Bikin Cepat Kaya

Cara Menabung yang Bikin Cepat Kaya

Menabung dengan cara yang benar mungkin menjadi hal yang cukup sulit dilakukan oleh sebagian orang. Apalagi ketika baru mendapatkan gaji pertama dan keinginan untuk membeli barang-barang yang diimpikan akhirnya terwujud. Nah, alangkah baiknya jika Anda memulai untuk mengalokasikan sedikit pendapatan anda untuk ditabung agar keuangan tidak berantakan di kemudian hari.

Lalu langkah apa aja sih yang perlu dilakukan bagi para pemula yang ingin menabung demi kehidupan yang lebih sejahtera di masa depan?

1. Membuat Alokasi Pengeluaran

Menghitung Alokasi Gaji untuk DItabung

Mencatat keuangan ialah langkah awal yang perlu anda lakukan. Mulai alokasikan dana pendapatan anda tiap bulan dengan membagi menjadi tiga aspek yaitu: khusus untuk ditabung atau diinvestasikan, alokasikan untuk dana darurat, dan terakhir untuk kebutuhan harian. Ini penting dilakukan agar Anda bisa membagi alokasi penghasilan ke kebutuhan yang harus Anda penuhi. Jika Anda tidak berpengalaman dalam melakukan pencatatan keuangan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi mobile seperti: Money Lovers, Buku Kas, atau Alia yang dapat membantu mencatat keuangan.

Dengan melakukan perhitungan pendapatan, maka akan semakin mudah mengatur keuangan rumah tangga. Berikutnya, buatlah daftar pengeluaran prioritas selama sebulan. Daftar prioritas dalam pengeluaran rumah tangga antara lain biaya bahan makanan pokok sehari-hari, tagihan listrik dan air, belanja dapur, biaya transportasi kerja, biaya sekolah anak dan transportasinya, hingga biaya cicilan lain-lainnya.

2. Dahulukan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Membeli barang seperlunya agar dapat ditabung

Ingat, kita masih belum kaya. Jangan menuruti ego.

Utamakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda, apalagi jika Anda sudah berumah tangga. Jangan sampai karena berkeinginan untuk membeli, Box Set K-Pop misalnya, Anda membuat istri, suami, anak, atau anggota keluarga yang lain harus makan putihan.

Namun, bukan berarti memenuhi keinginan itu dilarang ya. Anda tetap bebas mengalokasikan dana untuk memenuhi keinginan anda sebagai self reward. Tetapi anda tetap harus mengutamakan untuk pemenuhan kebutuhan primer terlebih dahulu.

3. Hindari Berhutang

Hutang menjadi salah satu kendala dalam melakukan pengelolaan keuangan lho. Karena, anda harus menyisihkan sebagian pendapatan khusus untuk membayar tagihan. Dana yang harusnya bisa ditabung atau diinvestasikan, malah masuk ke tagihan ataupun cicilan hutang tiap bulannya.

Demi menemukan cara mengelola keuangan yang sesuai, ada baiknya Anda perlu menyelesaikan segala bentuk utang yang Anda miliki. Menyelesaikan utang ini bisa jadi langkah awal dalam pengelolaan keuangan Anda yang kuat di masa depan.

Anda harus mulai berpikir untuk masa depan dengan mengalokasikan dana untuk kebutuhan di masa depan, karna hal ini bisa menghindarkan anda pada kondisi berhutang. Mari mulai kelola keuangan anda dengan menabung dan menghindari berhutang untuk mensehatkan keadaan finansial juga mental anda.

4. Bersedekah

Sisihkan tabungan untuk kebaikan dan sosial

Harta itu seperti air bersih yang mengalir. Ada hak milik orang lain yang dititipkan oleh Allah SWT didalam harta yang kita punya. Jika kita menahannya, maka harta yang baik akan tercampur dengan harta yang kotor.

Maka dari itu, perlunya kita menyisihkan rejeki untuk bersedekah. Tentunya tidak ada paksaan yah dalam hal ini, semua itu pilihan Anda. Juga menurut hadits riwayat Muslim mengatakan bahwa “sedekah tidaklah mengurangi harta”. Selain itu juga, bersedekah bisa membersihkan kita dari dosa-dosa dan kebakhilan jiwa. Serta dapat menghilangkan keburukan dan meningkatkan derajat kita.

Selain dapat mensucikan harta, sedekah juga merupakan investasi akhirat kita lho. Karna harta yang disedekahkan dan dikeluarkan di jalan Allah akan mengalir menjadi multimanfaat. Sebagaimana hadits Nabi yang berbunyi, “Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah semua amalnya kecuali 3 perkara; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakan kedua orangtuanya”.


5 Rekomendasi Ide Bermain dengan Anak di Rumah

5 Rekomendasi Ide Bermain dengan Anak di Rumah

 

PPKM yang masih terus berlanjut barangkali membuat Bunda dan Ayah jadi kehabisan ide bermain dengan anak. Hal ini tentu memusingkan jika anak-anak masih kecil dan sedang aktif-aktifnya sementara Ayah dan Bunda juga harus bekerja secara WFH. Untuk itu, Kak Anggi dan Tim Ahsana sudah merangkum nih rekomendasi ide bermain apa saja yang bisa Bunda dan Ayah lakukan dengan anak selama di rumah.

1. Belajar dan Bercerita melalui Action Figure

ide bermain dengan anak 1

Aktivitas sederhana ini barangkali sering terlewat oleh Bunda dan Ayah. Umumnya para Bunda dan Ayah akan membiarkan anaknya bermain sendiri dengan mainan dan action figure mereka. Nah, ada baiknya jika Bunda dan Ayah turut mendampingi si kecil ketika mereka bermain dengan mainan-mainannya.

Bunda dan Ayah bisa sambil bercerita dan membagikan informasi baru bagi si kecil sembari mengajaknya berain. Misalnya dengan bercerita tentang  jenis-jenis hewan dan habitatnya melalui action figure hewan.

“Apakah kucing dapat memakan sayur?”
“Macan dapat tinggal di gurun pasir atau di hutan saja?”
“Apa kegunaan belalai Gajah?”

Pertanyaan-pertanyaan serupa dapat memancing sisi keingintahuan si kecil yang kemudian dapat membantu mengembangkan kemampuan kognitifnya.

Bunda dan Ayah juga dapat bercerita tentang jenis-jenis mobil dan pekerjaan yang terkait melalui mainan Die-Cast atau Hot Wheels yang jadi koleksi si kecil. Bercerita tentang di mobil Pemadam Kebakaran terdapat tangga; atau memberi tahu bahwa jika mobil Ambulans harus didahulukan saat di jalan raya dan apa alasannya. Alternatif lainnya adalah dengan mengajak si kecil membuat robot, gedung, atau bentuk hewan sederhana dengan Lego. Hal ini bertujuan untuk melatih imajinasi si kecil sejak dini.


2. Mendongeng Kisah Nabi dan Rasul

ide bermain dengan anak 2

Dalam mengasuh anak menurut pandangan Islam dianjurkan untuk tidak meninggalkan hal-hal kecil terkait agama agar si kecil sudah terbiasa mendengar dan belajar tentang nilai-nilai keagamaan.

Karena itu, selain mengajak anak belajar sembari bermain dengan mainannya, Bunda dan Ayah dapat mempertimbangkan mendongeng sebagai sarana untuk mengenalkan anak pada agama dan aspek-aspeknya. Sehingga anak tidak hanya mengerti hal-hal tentang keduniaan saja. Nah, cerita mengenai perjalanan hidup Nabi dan Rasul bisa banget dijadikan alternatif.

Bunda dan Ayah dapat membagi dan memilih cerita berdasarkan pesan moral apa yang tersaji di setiap cerita yang ingin Bunda dan Ayah ajarkan kepada si kecil saat itu.

Contohnya jika Bunda dan Ayah ingin si kecil belajar mengenai keberanian, cerita mengenai Nabi Musa yang berani menentang kekuasaan Fir’aun dan cerita mengenai keteguhan Nabi Muhammad dalam menyampaikan Islam di tengah hujatan Kafir Quraisy dapat menjadi pilihan Bunda dan Ayah. Ketika ingin si kecil belajar mengenai kesabaran, Bunda dan Ayah dapat menceritakan kisah Nabi Ayub dan penyakit kulitnya.

Bunda dan Ayah dapat menyelipkan kuis, tebak-tebakan, atau trivia berhadiah di tengah-tengah cerita atau di akhir cerita untuk menambah antusias si kecil.

3. Membuat Cookies

ide bermain dengan anak 3

Membuat kue mungkin tidak terdengar seperti aktivitas bermain. Tetapi akan berbeda jika Bunda membuat kue kering kesukaan si kecil dengan sekaligus melibatkan dia di proses pembuatannya. Bisa jadi alternatif bermain dengan anak di rumah lho!

Mengapa harus kue kering?
Selain faktor keamanan karena tidak perlu khawatir si kecil terciprat minyak panas (jika membuat camilan atau makanan goreng), ada sebuah proses yang dapat Bunda manfaatkan untuk mengajak si kecil bersenang-senang.

Yup! Membuat adonan dan mencetak adonan. Dalam proses membuat adonan, Bunda bisa mengajak si kecil untuk mengaduk adonan dengan tangannya (tentu pakai sarung tangan plastik ya, Bun). Proses mengaduk adonan ini akan memberikan si kecil efek seperti bermain tanah ataupun squishy sehingga dapat memberikan efek bahagia pada anak. Tentunya Bunda harus tetap melakukan pengawasan dan memberikan arahan yang mudah dipahami oleh si kecil agar adonan tidak berakhir menjadi mainan.

Sementara itu dalam proses mencetak adonan, anak dapat diajarkan bagaimana membuat kue yang tidak berbentuk menjadi memiliki bentuk favoritnya. Seperti Kelinci, Gajah, Kucing, atau Ikan. Bunda dapat menceritakan bagaimana nantinya hasil akhir dari kue yang si kecil cetak dan mengapresiasi dia karena telah berhasil membuat kuenya sendiri.

Dengan begitu anak akan percaya diri pada kemampuannya.

4. Berolahraga dan Berjemur Bersama

ide bermain dengan anak 4

Punya taman atau halaman di rumah?

Bunda dan Ayah dapat memanfaatkan space yang ada untuk mulai melatih si kecil aktif berolahraga sembari mengajaknya melakukan permainan meskipun hanya di rumah.

Yang paling mudah dan sederhana adalah dengan bermain sepakbola walaupun hanya sekedar umpan-umpan pendek dan tendangan penalti. Bisa juga dengan bermain bulu tangkis agar lebih ramah jika si kecil berjenis kelamin perempuan.

Pastikan Bunda dan Ayah memilih waktu yang tepat. Tidak terlalu pagi, namun juga tidak terlalu siang. Tujuannya agar Bunda dan Ayah dapat sekaligus mengajak si kecil untuk berjemur sinar matahari. Sehingga tidak hanya bergerak aktif, si kecil pun dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin D mereka.

Terlebih saat mereka sedang dalam masa pertumbuhan yang membutuhkan vitamin D untuk kesehatan tulang. Selain itu, dengan berjemur maka Bunda dan Ayah telah melakukan salah satu cara pencegahan penularan COVID-19 dengan meningkatkan imunitas si kecil.

Agar tidak membosankan, Bunda dan Ayah dapat membuat sebuah game kecil. Misalnya jika bermain sepakbola, maka siapa yang dapat membuat tiga gol lebih dulu adalah pemenangnya. Selain untuk meningkatkan antusias, cara ini juga untuk mengenalkan si kecil pada sikap kompetitif dan sportif sejak kecil.

5. Berkebun

ide bermain dengan anak 5

Rekomendasi selanjutnya adalah dengan mengajak anak menanam dan berkebun.

Tidak hanya berhenti sampai menanam tumbuhan, Bunda dan Ayah dapat mengajak si kecil untuk ikut serta dalam merawat tanaman dan bunga yang telah ditanam. Ini bertujuan agar anak memiliki rasa tanggungjawab terhadap apa yang dia lakukan. Selain itu, berkebun dan merawat tanaman juga akan menumbuhkan sifat sabar dan teratur dalam diri anak karena terus diajak untuk merawat tanaman yang ada.

Bunda dan Ayah bisa memulai dengan memancing si kecil untuk menanam bunga-bunga atau tumbuhan favoritnya. Seperti bunga matahari, jagung, anggur, semangka. Apapun untuk memantik minat pertama si kecil. Selain menumbuhkan sifat sabar, bertanggungjawab, dan teratur, berkebun juga memiliki dampat positif untuk tumbuh kembang anak. Seperti:

  • Melatih kemampuan sensorik dengan menggali tanah dan menyemai biji
  • Mendorong agar anak mau makan sayur hasil tanamannya sendiri
  • Membantu anak memahami pentingnya menjaga lingkungan
  • Membuat anak lebih bahagia dan mengurangi stres

Itu tadi 5 rekomendasi ide bermain dengan anak di rumah yang dapat Bunda dan Ayah terapkan selagi melakukan Work From Home (WFH).

Tertarik dengan tips-tips lainnya?
Follow Instagram Ahsana Tuban dengan klik di sini.


Referensi:
https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-mengajak-anak-berkebun diakses pada 25 Juni 2021

DAPATKAN INFO SPEsifikasi bangunan & Fasilitas umum

Download Profil Proyek

Isi form dan download secara gratis