Rumah Aman Saat Hujan dalam 5 Langkah

Rumah Aman Saat Hujan dalam 5 Langkah

Bulan Oktober sudah berjalan lebih dari dua minggu. Ini artinya kita sudah memasuki awal musim hujan yang akan berlangsung bersamaan dengan libur akhir tahun. Nah, tentunya kita tidak ingin dong saat pulang dari liburan kita masih harus beres-beres rumah karena rumah bocor atau bahkan sampai banjir. Untuk mencegah itu, Ahsana sudah menyiapkan 5 cara agar rumah tetap aman saat hujan meski kita tinggal beberapa hari.

1. Periksa Kondisi Atap Rumah Agar Tetap Aman Saat Hujan

Terutama jika rumah kita dekat dengan area tanam pohon atau memiliki pohon yang sering merontokkan daun seperti Pohon Mangga. Pastikan tidak ada sampah daun yang menumpuk di atap atau di saluran talang air. Karena meskipun sepele, tumpukan sampah daun di atap dan talang dapat memicu genangan air. Efek dari genangan air ini tentunya adalah rembesan pada plafon.

Pada kasus ekstrem, jika terlalu banyak dan berat, tumpukan sampah ini dapat menyebabkan plafon ambrol.Selain tumpukan sampah, pastikan tidak ada genteng yang retak, pecah, ataupun bergeser dari posisi awalnya. Umumnya hal ini tidak kita sadari karena disebabkan oleh benda-benda luar seperti: biji buah mangga yang telah dimakan hewan, lemparan batu, hingga debris-debris lain yang tidak kita sangka.

Jadi pastikan sebelum meninggalkan rumah selama beberapa hari tidak ada sampah yang menumpuk sehingga rumah tetap aman saat hujan.

2. Bersihkan Talang Secara Berkala

Sama seperti tips pertama, biasanya pada talang ada penyumbatan yang disebabkan oleh guguran daun. Bahkan meskipun di depan rumah kita tidak ada pohon sekalipun. Selama kita tinggal di dekat area yang banyak pohon, maka bisa dipastikan akan ada guguran daun yang berterbangan yang bisa berakhir di saluran talang air kita.

Untuk itu, mengecek dan membersihka talang secara berkala akan sangat membantu rumah kita tetap aman saat hujan nantinya.

3. Gunakan Cat Exterior Anti Bocor & Jamur

Dinding yang lembap dan berjamur adalah musuh semua keluarga. Selain menyebabkan cat mengelupas yang membuat jadi tidak enak dipandang, dinding yang lembap dan berjamur juga dapat merembeskan air masuk ke dalam rumah dan membuat udara tidak sehat untuk ditempati.Untuk mencegah hal ini, Ahsana Tuban selalu menambahkan cat eksterior anti bocor pada seluruh unit rumah yang dibangun.

Dengan menambahkan cat eksterior, kemungkinan dinding akan lembap dan berjamur jauh berkurang. Salah satu merk yang direkomendasikan adalah No Drop yang bisa didapatkan di toko-toko bangunan dan e-commerce jika kamu lebih suka belanja online.

4. Pasang Lebih Dari 1 Pipa

Ide dari penggunaan cara ini adalah untuk menambahkan sebanyak mungkin resapan pada sebuah area. Umumnya setiap rumah yang dibangun hanya memiliki satu saluran air pada satu titik yang langsung diturunkan ke tanah. Namun Ahsana Tuban memiliki cara yang berbeda yang dapat kamu ikuti: yaitu dengan memasang 3 (tiga) titik resapan air dengan 3 (tiga) pipa yang berbeda, sehingga air yang terbuang lebih banyak dan lebih cepat.

Ini akan sangat berpengaruh pada kondisi atap. Semakin sedikit air yang menggenang, semakin kecil kemungkinan air merembes dan menyebabkan bocor.

5. Cek Saluran Pembuangan Air Rumah agar Aman Saat Hujan

Ini adalah cara paling umum namun juga paling sering diabaikan oleh banyak orang. Mengecek kondisi saluran air sangat penting untuk menjaga aliran air lancar. Sehingga saat musim hujan datang tidak ada air yang menggenang atau bahkan masuk kembali ke dalam rumah.

Selain mengecek saluran pembuangan air yang ada di dalam rumah, pastikan juga got pembuangannya tidak tersumbat air. Cara paling mudah adalah selalu dibersihkan berkala seminggu sekali.

Nah sekarang kamu sudah tidak khawatir lagi ketika harus meninggalkan rumah untuk berlibur atau pulang kampung.
Bagikan juga tips ini jika menurutmu bermanfaat. Dapatkan tips lain seputar rumah dan keluarga pada halaman Blogs.

5 Alat Elektronik Murah Untuk Memudahkan Pekerjaan Rumah

5 Alat Elektronik Murah Untuk Memudahkan Pekerjaan Rumah

Mungkin banyak dari orang-orang yang masih menganggap pekerjaan rumah ialah hal yang enteng dan mudah dikerjakan. Padahal ngga semudah itu, apalagi bunda-bunda yang merasakan. Tapi di jaman yang sudah serba canggih ini, bunda sudah bisa loh menggunakan alat elektronik canggih untuk memudahkan pekerjaan rumah dengan harga yang murah dan affordable. Mau tahu apa saja? 

Yuk simak rekomendasi alat elektronik murah dan canggih berikut ini:

1. Setrika Uap Bikin Baju Anda Lebih Cepat Rapi Tanpa Effort Berlebih

Tak bisa dipungkiri bahwa menyetrika ialah pekerjaan rumah tangga yang memerlukan banyak waktu, karena dianggap perlu tenaga dan kesabaran berlebih. Tapi sekarang, bunda tak perlu khawatir lagi karena ada setrika uap yang mampu merapikan pakaian anda lebih cepat. Sekaligus bisa menghemat waktu bunda loh. Dan perlu bunda ketahui, selain bisa merapikan pakaian lebih cepat, setrika uap ini dilengkapi dengan uap panas yang dapat mensterilkan pakaian. Praktis banget pula, tidak perlu meja setrika (hanya perlu digantung pada hanger), hemat waktu, dan bebas repot.

Harga setrika uap sendiri sangat ramah dikantong. Bunda bisa membelinya di berbagai marketplace favorit bunda, dengan harga mulai 100 ribu an saja hingga 1 juta rupiah. Bisa banget kan menyesuaikan budget keluarga bunda.

2. Sepatu Lebih Cepat Kering dan Steril dengan Shoe Dryer

Sadar atau tidak kalau setiap nyuci sepatu, pasti keringnya lama dan butuh dijemur dibawah terik matahari yang paling terik biar cepat kering, ya nggak sih?. Belum lagi kalau tiba-tiba hujan, wah basah lagi deh. Untungnya ada alat elektronik kekinian yang bisa memudahkan pekerjaan rumah tangga bunda di rumah, Shoe Dryer bisa banget mengatasi keresahan bunda.

Anda bisa gunakan Shoes Dryer ini untuk mengeringkan sepatu, sarung tangan, helm, kaos kaki, dan barang-barang lainnya. Jadi sepatu yang sudah dicuci kering tinggal dipasangkan ke shoes dryer ini dan tinggal menunggu kering. Tapi apabila tidak ingin menunggu, bunda bisa beli Shoes Dryer yang dilengkapi dengan timer knob otomatis sehingga tidak perlu menunggu hingga kering karena dapat berhenti otomatis dan sangat aman tanpa takut sepatu anda terbakar.

Tentunya bunda bisa temukan Shoes Dryer ini di marketplace dengan harga mulai 150 ribu hingga 500 ribu saja. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan bunda yah.

3. Spin Mop : Mengepel Lebih Hemat Tenaga



Siapa nih bunda yang masih mengepel menggunakan kain pel?, selain bikin punggung bunda pegel karena harus bolak-balik memeras air dari kain pel juga beresnya lama banget kan yang pastinya bakal menyita waktu bunda.

Namun, sekarang bunda bisa menggunakan alat rumah tangga yang bisa membantu bunda mengepel lebih cepat dan bersih tanpa harus mengotori tangan bunda loh. Nah, bunda cukup mengisi air kedalam ember yang disediakan oleh Spin Mop dan bunda hanya perlu menekan tongkat Spin Mop maka alat didalam ember akan berputar yang dapat membersihkan sekaligus memeras air. Praktis banget bukan?

Harga Spin Mop ini juga amat sangat terjangkau loh bunda, mulai dari 60 ribu saja hingga 300 ribu an sesuai dengan merk yang akan bunda pilih.

4. Mesin Cuci Portable : Mencuci Simple dan Hemat Tempat

Telapak tangan menjadi kasar dan terkelupas setelah mencuci pakaian karena sensitif dengan detergen pasti bikin bunda sedih ngga sih?. Hey, bunda tak perlu khawatirkan hal itu lagi. Mesin cuci portable bisa banget menjadi solusi dari permasalahan bunda loh. Selain bisa menghemat waktu bunda agar bisa lebih banyak waktu mengerjakan pekerjaan lain dan mengurus anak. Mesin cuci portable juga sangat menghemat tempat loh, apalagi bunda yang memiliki rumah dengan konsep minimalis pasti amat sangat terbantu dengan ukuran minimalisnya mesin cuci portable ini.

Super praktis banget kan?, bisa menghemat waktu, hemat tempat, sudah ada pengeringnya juga, bunda hanya tinggal jemur saja deh. Harganya pun cukup aman dikantong, mulai dari 600 ribu hingga 1 juta rupiah.

5. Lantai Bersih Seketika dengan Vacum Cleaner

Bunda sering merasa lelah nggak sih, kalau setiap pagi harus nyapu lantai mengitari seluruh rumah. Belum lagi pas lagi nyapu eh ada anak-anak yang lewat dan bikin kotor lagi, kan jadinya bunda harus kerja 2 kali. Eitss jangan cemas bunda, ada alat elektronik canggih yang bisa memudahkan pekerjaan rumah bunda, dengan menggunakan Vacum Cleaner, bunda tidak perlu lagi capek-capek. Karna Vacum Cleaner ini bisa membantu bunda membersihkan debu-debu dilantai hingga bersih loh.

Vacum Cleaner sendiri ada 2 jenis loh, ada Roboot Vacum Cleaner yang bisa berjalan sendiri mengitari lantai seluruh rumah. Juga ada Handheld Vacum Cleaner yang memiliki pegangan yang bisa kita atur sendiri ketika ingin membersihkan bagian-bagian tertentu. Handheld Vacum Cleaner juga memiliki 2 jenis pegangan, yaitu pegangan panjang untuk membersihkan lantai dan pegangan pendek untuk membersihkan meja, kursi, sofa, kasur, dan lainnya. 

Harganya pun bervariasi dan terjangkau banget loh bunda, mulai dari 100 ribu hingga 1 juta keatas. Worth it kan?