Cara Menabung yang Bikin Cepat Kaya

Menabung dengan cara yang benar mungkin menjadi hal yang cukup sulit dilakukan oleh sebagian orang. Apalagi ketika baru mendapatkan gaji pertama dan keinginan untuk membeli barang-barang yang diimpikan akhirnya terwujud. Nah, alangkah baiknya jika Anda memulai untuk mengalokasikan sedikit pendapatan anda untuk ditabung agar keuangan tidak berantakan di kemudian hari.

Lalu langkah apa aja sih yang perlu dilakukan bagi para pemula yang ingin menabung demi kehidupan yang lebih sejahtera di masa depan?

1. Membuat Alokasi Pengeluaran

Menghitung Alokasi Gaji untuk DItabung

Mencatat keuangan ialah langkah awal yang perlu anda lakukan. Mulai alokasikan dana pendapatan anda tiap bulan dengan membagi menjadi tiga aspek yaitu: khusus untuk ditabung atau diinvestasikan, alokasikan untuk dana darurat, dan terakhir untuk kebutuhan harian. Ini penting dilakukan agar Anda bisa membagi alokasi penghasilan ke kebutuhan yang harus Anda penuhi. Jika Anda tidak berpengalaman dalam melakukan pencatatan keuangan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi mobile seperti: Money Lovers, Buku Kas, atau Alia yang dapat membantu mencatat keuangan.

Dengan melakukan perhitungan pendapatan, maka akan semakin mudah mengatur keuangan rumah tangga. Berikutnya, buatlah daftar pengeluaran prioritas selama sebulan. Daftar prioritas dalam pengeluaran rumah tangga antara lain biaya bahan makanan pokok sehari-hari, tagihan listrik dan air, belanja dapur, biaya transportasi kerja, biaya sekolah anak dan transportasinya, hingga biaya cicilan lain-lainnya.

2. Dahulukan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Membeli barang seperlunya agar dapat ditabung

Ingat, kita masih belum kaya. Jangan menuruti ego.

Utamakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda, apalagi jika Anda sudah berumah tangga. Jangan sampai karena berkeinginan untuk membeli, Box Set K-Pop misalnya, Anda membuat istri, suami, anak, atau anggota keluarga yang lain harus makan putihan.

Namun, bukan berarti memenuhi keinginan itu dilarang ya. Anda tetap bebas mengalokasikan dana untuk memenuhi keinginan anda sebagai self reward. Tetapi anda tetap harus mengutamakan untuk pemenuhan kebutuhan primer terlebih dahulu.

3. Hindari Berhutang

Hutang menjadi salah satu kendala dalam melakukan pengelolaan keuangan lho. Karena, anda harus menyisihkan sebagian pendapatan khusus untuk membayar tagihan. Dana yang harusnya bisa ditabung atau diinvestasikan, malah masuk ke tagihan ataupun cicilan hutang tiap bulannya.

Demi menemukan cara mengelola keuangan yang sesuai, ada baiknya Anda perlu menyelesaikan segala bentuk utang yang Anda miliki. Menyelesaikan utang ini bisa jadi langkah awal dalam pengelolaan keuangan Anda yang kuat di masa depan.

Anda harus mulai berpikir untuk masa depan dengan mengalokasikan dana untuk kebutuhan di masa depan, karna hal ini bisa menghindarkan anda pada kondisi berhutang. Mari mulai kelola keuangan anda dengan menabung dan menghindari berhutang untuk mensehatkan keadaan finansial juga mental anda.

4. Bersedekah

Sisihkan tabungan untuk kebaikan dan sosial

Harta itu seperti air bersih yang mengalir. Ada hak milik orang lain yang dititipkan oleh Allah SWT didalam harta yang kita punya. Jika kita menahannya, maka harta yang baik akan tercampur dengan harta yang kotor.

Maka dari itu, perlunya kita menyisihkan rejeki untuk bersedekah. Tentunya tidak ada paksaan yah dalam hal ini, semua itu pilihan Anda. Juga menurut hadits riwayat Muslim mengatakan bahwa “sedekah tidaklah mengurangi harta”. Selain itu juga, bersedekah bisa membersihkan kita dari dosa-dosa dan kebakhilan jiwa. Serta dapat menghilangkan keburukan dan meningkatkan derajat kita.

Selain dapat mensucikan harta, sedekah juga merupakan investasi akhirat kita lho. Karna harta yang disedekahkan dan dikeluarkan di jalan Allah akan mengalir menjadi multimanfaat. Sebagaimana hadits Nabi yang berbunyi, “Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah semua amalnya kecuali 3 perkara; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakan kedua orangtuanya”.


Share:

More Posts

Mengenal Rumah KPR dan Rumah Inhouse

Dengan keterbatasan dana yang dimiliki, sebagian besar orang memanfaatkan KPR atau Kredit Pembiayaan Rumah sebagai jalan untuk memiliki rumah dengan cicilan setiap bulan dalam jangka

Send Us A Message

Contact Us

Site Ahsana Tuban

Back To Top

Mulai ngobrol yuk ..
Assalamu'alaikum
Assalamu'alaikum